Cari Sesuatu?

Jumat, 19 Januari 2018

Pertemanan Formalitas

Dalam masa kerja praktek ini saya belajar banyak tentang sistim kontrak. Satu pihak mengerjakan sesuatu untuk pihak lain dengan pembayaran yang sudah ditetapkan dari awal. Hubungan antara dua lembaga itu diikat dalam satu kontrak, sampai tugas yang diberikan dan uang yang dibayarkan mencapai sama-sama 100%. Hal-hal dilakukan secara formal dan sistematis dengan aturan yang sudah disepakati. Setelah kontrak berakhir, tidak ada lagi hubungan antara satu pihak dengan yang lain. Itu adalah salah satu cara yang menghubungkan dua lembaga dengan cara yang formal. 

Formal
Apa sih formal itu? KBBI bilang kalau formal itu sama maknanya dengan resmi. Dalam kehidupan sehari-hari, makna formal sedikit turun menjadi "serius agak kaku" - ya itu kira-kira yang saya amati. Sedangkan formalitas itu dalam KBBI artinya sekadar mengikuti tata cara dan basa-basi. Saya pikir maknanya sedikit negatif.

Pertemanan
Apa itu Pertemanan? Tentu saja ini bukan nama SPBU, melainkan maknanya adalah perihal berteman. Jadi maksudnya adalah keadaan hubungan antara satu orang dengan orang lain yang adalah teman. Dalam berteman, kita tentu saja berharap agar pertemanan itu berlangsung lama, bukan?

Berteman adalah peristiwa yang unik. Kita dapat mengetahui banyak karakter yang berbeda dan menilainya. Kita juga bisa belajar banyak dari pertemanan yang kita lakukan, mengambil yang baik dari teman kita. Pepatah dulu kala berkata :
Seribu kawan terlalu sedikit, satu musuh terlalu banyak.
Barangkali itu tercipta oleh orang yang sangat puas dengan pertemanan yang dia jalani. Tapi kadang pertemanan tidak se-memuaskan itu untuk dijalani, karena banyak karakter manusia, banyak juga peluang untuk mendapatkan pengalaman baik atau buruk dalam berteman.

Misal saja orang yang membuat pertemanan hanya formalitas demi urusan sendiri. Tak sedikit orang-orang yang berteman hanya demi urusannya saja. Bila urusannya telah selesai, pertemanan pun usai. Seperti hubungan antara dua lembaga di proyek. Padahal pertemanan tidak bisa disamakan dengan kontrak proyek. Ada batin yang terlibat, bedanya adalah kedua batin itu berbeda ketebalan dan karakternya. Apakah anda termasuk orang yang seperti itu?

*Gambar diambil dari google tapi saya lupa link nya. Maaf

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar